Senin, 16 Maret 2015

KUPAS TUNTAS BLACK GARLIC


Bentuk dan nama bawang yang satu ini agak unik. Bawang hitam atau black garlic. Merupakan hasil fermentasi dari bawang putih. Bawang hitam ini memiliki tekstur lembut serta rasa yang gurih dan ringan.

Istimewanya, bawang hitam dikenal sebagai salah satu bahan yang biasa dijadikan bumbu masakan dan menjadi kunci kelezatannya. Bukan cuma itu, Anda juga bisa mendapatkan khasiatnya.

Bentuknya seperti buah kering dengan warna hitam, selama ini dikenal sebagai produk kesehatan dari Korea. Dalam legenda Tao, bawang hitam dipercaya memiliki manfaat untuk hidup abadi. Memang tidak ada yang menjamin, tapi setidaknya bisa dipastikan bawang ini memiliki manfaat dua kali lebih besar dari bawang putih.

Berbagai hidangan lezat yang terbuat dari bawang hitam atau black garlic seakan bukan menu asing lagi di Tanah Air. Sejumlah restoran di tanah air pun menjadikannya sebagai bumbu utama dalam hidangan.

Bawang putih hitam atau black garlic yang sedang digemari di dunia karena khasiatnya diracik menjadi hidangan serba lezat oleh sang koki. Bawang putih yang telah difermentasi menjadi bumbu andalan ini diakui baik untuk kesehatan dan dipercaya dapat membuat umur lebih panjang. Lalu bagaimana prosesnya hingga bawang putih menjadi hitam? Bawang putih dengan kualitas terbaik sengaja dipilih, kemudian dimasukkan ke oven dengan suhu 25-30 derajat Celsius. Suhunya tidak boleh lebih dari itu. Jika tidak, bawang akan gosong dan menghitam.

Bawang hitam ini bisa difermentasi selama 40 hari sampai dengan tiga bulan. Bawang hitam lalu ditaruh pada rak khusus untuk didinginkan dan dikeringkan selama seminggu. Setelah proses pendinginan ini, ternyata tidak setiap siung bawang sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan. Dengan demikian, hanya bawang bermutu yang akan digunakan sebagai bumbu masakan.

Yang unik dari bawang ini, meskipun bagian kulitnya sudah hitam, bagian dalam tetap putih bersih. Namun Anda tak usah khawatir dengan aroma tak sedap yang akan ditimbulkan selepas mengkonsumsinya.

Sebab, bawang hitam ini tak memiliki aroma seperti halnya bawang putih. Inilah yang mungkin menjadi kelebihan bawang hitam ini.

Soal khasiat, tentu Anda tak usah ragu. Bawang hitam mengandung antioksidan dua kali lebih tinggi daripada bawang putih biasa. Bahkan sebagian orang meyakini bawang hitam mengandung Sallycysteine, yang tengah diperbincangkan sebagai komponen alami yang telah dibuktikan dapat mencegah timbulnya penyakit kanker.

Saat Anda mengunyah bawang hitam, Anda seakan mendapatkan beberapa manfaat sekaligus. Selain untuk mendapatkan kelezatannya, tubuh Anda juga secara tak langsung telah melakukan untuk proses detoksifikasi. Sebab, bawang hitam dipercaya dapat mengeluarkan toksin dari tubuh.

Khasiat bawang hitam lebih dulu dikenal di kawasan Asia, bahkan di Amerika. Para penikmat black garlic sepertinya yakin memiliki umur panjang bisa dihasilkan dari makanan yang dikonsumsinya. Apalagi memanjakan diri dengan hidangan lezat tidak ada salahnya selama makanan itu sehat dan lezat. BERBAGAI SUMBER/TIM INFO TEMPO

Sebuah Hikayat tentang Black Garlic


Negara lain rupanya memilih cerita berbeda soal bawang hitam. Di Korea, bawang putih hitam diperkenalkan sebagai produk kesehatan. Setidaknya, bumbu makanan ini dianggap sebagai makanan kesehatan tambahan. Bawang putih hitam juga dihargai sebagai makanan kaya antioksidan dan ditambahkan ke minuman energi.

Sementara itu, di Thailand, bawang hitam diklaim mampu meningkatkan umur panjang para penggemarnya. Bahkan Negeri Gajah Putih cenderung lebih inovatif dalam meracik menu berbahan bawang hitam. Salah satu penggunaan yang menarik adalah dalam pembuatan cokelat bawang putih hitam. Sementara itu, di Amerika Serikat, bawang putih hitam memasuki arus utama pada 2008 ketika Le Sanctuaire di San Francisco mulai menjual bawang putih hitam. Sebelumnya, pengusaha Scott Kim pada 2005 mulai mengimpor bawang putih dari Korea, untuk memproses di Amerika.

Scott Kim mulai perusahaan Hitam Bawang Putih, Inc pada 2008 dan mulai memproduksi bawang putih hitam di Hayward, California. Bawang Putih Hitam Scott Kim, Inc adalah bawang putih hanya hitam diproduksi di Amerika Serikat. Sejak saat itu, ketenaran hitam bawang putih tumbuh di negeri Paman Sam.




Bawang Putih Hitam terbuat dari  bawang putih segar yang difermentasi  secara alami tanpa bahan kimia atau bahan pengawet. Kulitnya menjadi berwarna kecoklatan dan di dalamnya berwarna hitam, rasanya manis sedikit asam dan tidak pedas di mulut. Selain sebagai obat yang berkhasiat, bawang putih hitam juga digemari sebagai  makanan tambahan atau dipakai sebagai bahan masakan, termasuk salad.




Surabaya Black Garlic Terbuat dari Bawang Putih
Tunggal (Bawang Lanang) asli dari Indonesia.
Mengapa kami memakai Bawang Umbi Tunggal asli dari Indonesia ?
Karena hasil penelitian di Lab. Mikrobiologi Jurusan Biologi UNDIP pada Juli 1992 menyatakan bahwa potensi bakteriostatik senyawa kimia dalam ekstrak Bawang Putih Umbi Tunggal lebih besar dibandingkan Bawang Putih berumbi banyak terutama terhadap uji Staphylococcus aureus.


Khasiat Bawang Putih tidak perlu diragukan lagi di bidang kesehatan dan pengobatan, karena sudah banyak penelitian yang dilakukan baik di Indonesia maupun di luar negeri.
Bagaimana dengan khasiat Bawang Putih Hitam?

Dalam “Medicinal and Aromatic Plant Science and Biotechnology Journals” Print : ISSN 1752- 3389, Editor in chief : Jaime A. Teixeira da Silva, Kagawa University Jepang, menyatakan hasil penelitian bahwa Ekstrak Bawang Putih Hitam (Allium sativum)   kaya akan S-alil-L-sistein (SAC) dan mampu meningkatkan imunitas seluler untuk mendongkrak aktivitas NK (natural killer) yang memainkan peran penting dalam pemberantasan sel tumor.

Kesimpulannya,setelah difermentasi bawang putih hitam memiliki efek kesehatan yang lebih baik daripada bawang putih biasa. Terutama antioksidannya meningkat 2x dari bawang putih biasa.
Proses fermentasi juga membuat protein yang terkandung dalam bawang putih biasa terurai menjadi asam amino, karbohidratnya terurai menjadi fruktosa dan elemen nutrisinya meningkat dua kali.
Walaupun difermentasi, kandungan aliin dalam Bawang Putih Hitam masih tetap terjaga dengan baik, karena kulit bawang putih tidak dikelupas saat proses fermentasi.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari Bawang Putih Hitam adalah :

Anti kanker,  menstabilkan gula darah, menstabilkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, antibakteri, antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh  dan anti penuaan.

Bawang Putih Hitam  terasa lezat seperti buah jelly yang manis sedikit asam, tidak berbau spesifik seperti bawang putih segar dan tidak menimbulkan iritasi pada usus dan lambung.

 Di Korea, bawang putih hitam dikenal sebagai produk kesehatan dan sebagai makanan tambahan (jajanan/cemilan)  yang kaya akan antioksidan.

Di Thailand, bawang putih hitam diklaim untuk meningkatkan umur panjang konsumen.
Tahun 2008 Amerika Serikat mulai memproduksi bawang putih hitam dan banyak restoran terkenal di sana yang memakai Bawang Putih Hitam sebagai Bahan Masakan dan Menu Salad.


Petunjuk penggunaan :
·         2 siung tiap pagi, siang dan malam. Tapi, jumlah tersebut bisa disesuaikan dengan berat badan, umur dan penyakit konsumen.
·         Bisa dikonsumsi dalam jumlah banyak. Tapi, harus minum air putih yang banyak pula.
·         Jangan mengkonsumsi Bawang Putih Hitam bila sedang memakai obat anti koagulan atau yang akan menjalani operasi.
·         Bila sedang migrain jangan  mengkonsumsi Bawang Putih Hitam dulu sampai migrainnya pulih.

Penyimpanan : simpan dalam tempat tertutup, jauhkan dari sinar matahari secara langsung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar